RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Pendidikan IPA Biologi
Oleh Kelompok 7:
Melsaria Permatasari (151134052)
Antonia Triyatmi (151134137)
Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan
Universitas Sanata
Dharma
Yogyakarta
2016
BACKGROUND STUDENT
Secara
geografis SD Negeri Tukangan berada di pusat Kota Yogyakarta yang tidak jauh pula dari pusat pemerintahan Kota Yoyakarta.
SD Negeri Tukangan berada di tengah keramaian Kota Yogyakarta wilayah timur
serta pada kompleks pendidikan. Bangunan SD Negeri Tukangan berseberangan
dengan TK dan SD Kanisius Gayam, 200 m ke sebelah timur SD Juara, 500 m ke
sebelah utara SMP N 15, 300 m ke barat SD Puro Pakualaman, dan SD Islamiyah, 1
km ke selatan SD Margoyasan, 500 m kearah tenggara SD Muhammadiyah Sukonandi
II. Disamping itu terdapat beberapa tempat umum maupun bersejarah seperti
Istana Pakualaman,musium Biologi, Museum Sudirman, Pasar Sentul, LP Wirogunan,
Balai Besar Penelitian Batik, Radio Geronimo, GOR Amongrogo, dan Stadion Mandala
Krida.
Siswa
SD Negeri Tukangan adalah siswa yang aktif dalam beberapa kegiatan seperti
jambore, pelatihan-pelatihan (pelatihan
hidup sehat), dan cukup banyak mendapatkan prestasi. Kebanyakan siswa di SD
Negeri Tukangan masih diantar dan dijemput oleh orang tua maupun keluarganya,
karena lokasi sekolahnya berada di tepi jalan raya dekat perempatan sehingga
bahaya jika anak dibiarkan untuk berangkat sendiri.
SD
Negeri Tukangan adalah sekolah yang mengharapkan lulusan yang dapat menjadi
pribadi yang aktif dan unggul dan memiliki potensi. Siswa juga diharapkan dapat
melanjutkan ke jenjang pendididikan yang lebih tinggi. Setelah lulus dari SD
Negeri Tukangan diharapkan siswa dapat mencapai kemampuan, keterampilan serta
pengetahuan yang baik.
Curriculum Background
SD N Tukangan Yogyakarta
Visi SD
Negeri Tukangan Yogyakarta
Terwujudnya sekolah yang
menghasilkan lulusan unggul dalam prestasi, santun dalam perilaku,menjunjung
tinggi budaya dan etika berdasarkan keimanan dan ketaqwaan.
Misi SD Negeri Tukangan Yogyakarta
- Menyiapkan generasi unggul yang memiliki potensi
dibidang imtaq dan iptek.
- Membentuk sumber daya manusia yang aktif,
kreatif, inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.
- Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya
di masyarakat.
- Menanamkan kebiasaan berlaku santun terhadap
orang lain.
- Meningkatkan kompetensi dan kinerja pendidik dan
tenaga kependidikan
- Meningkatkan kegiatan keagamaan dengan suka
rela.
- Melestarikan dan mengembangkan seni budaya bangsa
- Menanamkan disiplin dan tanggungjawab dalam
kehidupan sehari-hari
Tujuan Umum Pendidikan di SD Negeri
Tukangan Yogyakarta
- Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa dan berakhlak mulia.
- Siswa sehat jasmani dan rohani.
- Siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan,
kemampuan, dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang
lebih tinggi.
- Siswa memiliki jiwa patriotis,mengenal dan
mencintai budaya bangsanya.
- Siswa aktif,kreatif, terampil, dalam bekerja
untuk mengembangkan diri secara terus menerus .
- Tercipta sekolah yang aman, nyaman, dan kondusif.
- Terwujudnya hubungan yang harmonis antarwarga
sekolah dan masyarakat.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
SD N Tukangan Yogyakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas
: VI (Enam)
Semester : 1
Alokasi waktu : 4 x35 menit
A.
Standar
Kompetensi
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
B.
Kompetensi
Dasar
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
C.
Indikator
Pembelajaran
Kognitif
2.3.1 Menyebutkan dan menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2.3.2 Menjelaskan cara perkembangbiakan manusia
Afektif
2.3.3 Menunjukkan
sikap kerjasama dalam diskusi guna menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan, hewan,
dan manusia
Psikomotor
2.3.4 Melakukan
diskusi dalam kelompok untuk mengetahui cara perkembangbiakan hewan dan manusia
2.3.5 Melakukan kegiatan
tentang cara perkembangbiakan tumbuhan (setek)
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
2.3.1.1
Siswa mampu menyebutkan dan menjelaskan cara perkembangbiakan hewan dan
tumbuhan
2.4.1.1
Siswa mampu menjelaskan cara perkembangbiakan manusia
Afektif
2.3.1.2 Siswa
mampu menunjukkan sikap kerjasama dalam diskusi guna
menyebutkan dan menjelaskan cara perkembangbiakan hewan, tumbuhan, dan manusia
Psikomotor
2.1.4 Siswa mampu melakukan diskusi di dalam kelompok
untuk mengetahui cara perkembangbiakan hewan dan manusia.
2.1.4.1
Siswa dapat melalukan kegiatan mengenai cara perkembangbiakan tumbuhan
(setek)
E.
Karakter
Siswa yang diharapkan
Kerjasama
Berhati-hati
Tanggung jawab
Perhatian dan ingin tahu
F.
Materi
Ajar
Cara perkembangbiakan hewan, tumbuhan, dan manusia
G.
Pendekatan,
Model
dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Inquiry
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, pengamatan, melakukan kegiatan setek
tumbuhan
H. Sumber,
Media, Alat dan Bahan
Sumber
Belajar : Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas VI.
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Media Pembelajaran : LKS dan vidio cara perkembangbiakan hewan
Alat
dan bahan : Buku IPA, LKS,
batang tanaman singkong, pisau/karter,LCD, laptop
I.
Langkah-Langkah
Kegiatan
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PEMBUKAAN
|
|
5 menit
|
KEGIATAN INTI
|
1. Guru
membagi siswa ke dalam 5 kelompok
2. Guru
menyampaikan tujuan dari kegiatan ini.
3. Guru
membagikan LKS untuk di diskusikan dalam kelompok.
4. Guru
menayangkan video
5. Siswa
melakukan diskusi di dalam kelompok.
6. Guru
meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk menyampaikan hasil
diskusi kelompok.
|
20 menit
|
PENUTUP
|
|
10 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PEMBUKAAN
|
1.
Guru mengajak siswa
untuk berdoa Guru mengucapkan salam
2.
Guru melakukan
absensi
3.
Guru menyampaikan
materi yang akan dipelajari
|
5 menit
|
KEGIATAN INTI
|
|
20 menit
|
PENUTUP
|
kesimpulan
dari materi yang telah dipelajari.
bersama
guru.
salam
penutup.
|
10 menit
|
Pertemuan
3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PEMBUKAAN
|
|
5 menit
|
KEGIATAN INTI
|
|
20 menit
|
PENUTUP
|
kesimpulan
dari materi yang telah dipelajari.
bersama
guru.
salam
penutup.
|
10 menit
|
Pertemuan
4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PEMBUKAAN
|
|
5 menit
|
KEGIATAN INTI
|
Ayo
kawan kita belajar IPA
Mengenal
perkembangbiakan hewan
Yang
bertelur disebut ovipar
Contohnya
burung dan ikan
Yang
melahirkan disebut vivipar
Contohnya
sapi dan singa
Ada
juga yang bertelur lalu melahirkan
Disebut
ovovivipar
|
20 menit
|
PENUTUP
|
kesimpulan
dari keseluruhan materi yang telah
dipelajari.
bersama
guru.
salam
penutup.
|
10 menit
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas VI
____________ Melsaria P. dan Antonia
Triyatmi
Penilaian
NO
|
KATEGORI PENILAIAN
|
SKOR
|
1.
|
Menjelaskan cara perkembangbiakan hewan
|
15
|
2.
|
Menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan
|
15
|
3.
|
Menjelaskan cara perkembangbiakan manusia
|
15
|
3.
|
Hasil mengerjakan LKS
|
25
|
4.
|
Lembar evaluasi
|
30
|
JUMLAH
|
100
|
- Format penilaian proses
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Keterangan
|
|||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
..
|
Keterangan :
Keaktifan
3 = Pada saat kegiatan eksplorasi
siswa mengajukan pertanyaan dan memberikan pendapat
2 = Pada saat kegiatan eksplorasi
siswa tidak mengajukan pertanyaan tetapi memberikan pendapat
1 = Pada saat kegiatan eksplorasi
siswa tidak mengajukan pertanyaan dan tidak memberikan pendapat
|
Kerjasama
3 = Pada saat kegiatan eksplorasi
siswa bekerjasama dengan teman kelompoknya dan menghargai pendapat teman
kelompoknya
2 = Pada saat kegiatan eksplorasi
siswa bekerjasama dengan teman kelompoknya tetapi tidak menghargai pendapat
teman kelompoknya
1 = Pada saat kegiatan eksplorasi
siswa tidak kerjasama dengan teman kelompoknya dan tidak menghargai pendapat
temannya
|
Yogyakarta, 27 September 2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Kelas
VI
As. Windiyanto,
S.Pd.I Melsaria P. dan Antonia Triyatmi
LEMBAR
KERJA SISWA 1 (LKS)
Banyak
sekali jenis hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur, melahirkan, dan
bertelur-melahirkan. Isilah tabel berikut dengan nama-nama hewan tersebut dan
beri tanda ( √ ) pada bagian kolom bertelur atau melahirkan jika hewan tersebut
termasuk ke dalamnya serta isikan ciri-ciri hewan tersebut ke dalam tabel yang
ada di bawahnya!
No.
|
Nama
Hewan
|
Jenis
Hewan
|
||
Bertelur
|
Melahirkan
|
Bertelur dan
Melahirkan
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
No.
|
Cara
Perkembangbiakan
|
Ciri-ciri
Hewan
|
|
Bertelur
|
Melahirkan
|
||
1
|
Bertelur
|
|
|
2
|
Melahirkan
|
|
|
LEMBAR
KERJA SISWA 2 (LKS)
Alat dan Bahan
- Batang
tanaman singkong
- Pisau/karter
Cara Kerja
- potonglah
batang tanaman di bagian bawah dengan menyerong seperti baji.
- Buanglah
daun-daun yang ada untuk mengurangi penguapan.
- tanamlah
potongan batang di tanah yang gembur dan subur setelah sampai di di rumah.
Berilah peneduh beupa atap plastik atau daun pisang.
- Selanjutnya,
siramlah tanaman baru ini setiap hari. Jika telah tumbuh daun, buanglah
peneduh dan biarkan tanaman baru itu tumbuh.
Pertanyaan
- Bagaimana
cara menyetek batang singkong?
- Bagian
tumbuhan apa saja yang dapat di setek?
LEMBAR KERJA SISWA 3 (LKS)
1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR EVALUASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : VI / I
Materi : Cara perkembangbiakan hewan, tumbuhan, dan
manusia
Hari/Tanggal
:
Nama
:
Mendatar
1. Cara menghasilkan keturunan atau
anak
2. Nama lain hewan yang berkembang
biak dengan cara bertelur
Menurun
3. Nama lain hewan berkembang biak
dengan melahirkan
4. Perkembangbiakan makhluk hidup
dengan kawin
5. Memperbanyak tumbuhan dengan
menancapkan atau menanam potongan-potongan batang tumbuhan induknya
6. Cara perkembangbiakan manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar