Rabu, 17 Mei 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "Pendidikan IPA Biologi"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pendidikan IPA Biologi



Oleh Kelompok 7:
Melsaria Permatasari   (151134052)
Antonia Triyatmi         (151134137)


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sanata Dharma
Yogyakarta
2016


BACKGROUND STUDENT
Secara geografis SD Negeri Tukangan berada di pusat Kota Yogyakarta yang tidak  jauh pula dari pusat pemerintahan Kota Yoyakarta. SD Negeri Tukangan berada di tengah keramaian Kota Yogyakarta wilayah timur serta pada kompleks pendidikan. Bangunan SD Negeri Tukangan berseberangan dengan TK dan SD Kanisius Gayam, 200 m ke sebelah timur SD Juara, 500 m ke sebelah utara SMP N 15, 300 m ke barat SD Puro Pakualaman, dan SD Islamiyah, 1 km ke selatan SD Margoyasan, 500 m kearah tenggara SD Muhammadiyah Sukonandi II. Disamping itu terdapat beberapa tempat umum maupun bersejarah seperti Istana Pakualaman,musium Biologi, Museum Sudirman, Pasar Sentul, LP Wirogunan, Balai Besar Penelitian Batik, Radio Geronimo, GOR Amongrogo, dan Stadion Mandala Krida. 
Siswa SD Negeri Tukangan adalah siswa yang aktif dalam beberapa kegiatan seperti jambore,  pelatihan-pelatihan (pelatihan hidup sehat), dan cukup banyak mendapatkan prestasi. Kebanyakan siswa di SD Negeri Tukangan masih diantar dan dijemput oleh orang tua maupun keluarganya, karena lokasi sekolahnya berada di tepi jalan raya dekat perempatan sehingga bahaya jika anak dibiarkan untuk berangkat sendiri.
SD Negeri Tukangan adalah sekolah yang mengharapkan lulusan yang dapat menjadi pribadi yang aktif dan unggul dan memiliki potensi. Siswa juga diharapkan dapat melanjutkan ke jenjang pendididikan yang lebih tinggi. Setelah lulus dari SD Negeri Tukangan diharapkan siswa dapat mencapai kemampuan, keterampilan serta pengetahuan yang baik.








Curriculum Background SD N Tukangan Yogyakarta
Visi SD Negeri Tukangan Yogyakarta
Terwujudnya sekolah yang menghasilkan lulusan unggul dalam prestasi, santun dalam perilaku,menjunjung tinggi budaya dan etika berdasarkan keimanan dan ketaqwaan.
 
Misi SD Negeri Tukangan Yogyakarta
  1. Menyiapkan generasi unggul yang memiliki potensi dibidang imtaq dan iptek.
  2. Membentuk sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.
  3. Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat.
  4. Menanamkan kebiasaan berlaku santun terhadap orang lain.
  5. Meningkatkan kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
  6. Meningkatkan kegiatan keagamaan  dengan suka rela.
  7. Melestarikan dan mengembangkan seni budaya bangsa
  8. Menanamkan disiplin dan tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Umum Pendidikan di SD Negeri Tukangan Yogyakarta
  1. Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  2. Siswa sehat jasmani dan rohani. 
  3. Siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
  4. Siswa memiliki jiwa patriotis,mengenal dan mencintai budaya bangsanya.
  5. Siswa aktif,kreatif, terampil, dalam bekerja untuk  mengembangkan diri secara terus menerus .
  6. Tercipta sekolah yang aman, nyaman, dan kondusif.
  7. Terwujudnya hubungan yang harmonis antarwarga sekolah dan masyarakat.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD N  Tukangan Yogyakarta
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas                           : VI (Enam)
Semester                      : 1
Alokasi waktu             : 4 x35 menit

A.    Standar Kompetensi
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
B.     Kompetensi Dasar
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia

C.    Indikator Pembelajaran
Kognitif
2.3.1    Menyebutkan dan menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2.3.2    Menjelaskan cara perkembangbiakan manusia

Afektif
2.3.3    Menunjukkan sikap kerjasama dalam diskusi guna menjelaskan cara perkembangbiakan                       tumbuhan, hewan, dan manusia

Psikomotor
2.3.4    Melakukan diskusi dalam kelompok untuk mengetahui cara perkembangbiakan hewan dan                   manusia
2.3.5    Melakukan kegiatan tentang cara perkembangbiakan tumbuhan (setek)

D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
2.3.1.1 Siswa mampu menyebutkan dan menjelaskan cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
2.4.1.1 Siswa mampu menjelaskan cara perkembangbiakan manusia
                                                                                                                
Afektif
2.3.1.2 Siswa mampu menunjukkan sikap kerjasama dalam diskusi guna menyebutkan dan                               menjelaskan cara perkembangbiakan hewan, tumbuhan, dan manusia

Psikomotor
2.1.4 Siswa mampu melakukan diskusi di dalam kelompok untuk mengetahui cara perkembangbiakan          hewan dan manusia.
2.1.4.1 Siswa dapat melalukan  kegiatan mengenai cara perkembangbiakan tumbuhan (setek)


E.     Karakter Siswa yang diharapkan
Kerjasama
Berhati-hati
Tanggung jawab
Perhatian dan ingin tahu

F.     Materi Ajar
Cara perkembangbiakan hewan, tumbuhan, dan manusia

G.    Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
Model  Pembelajaran   : Inquiry
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, pengamatan, melakukan kegiatan setek tumbuhan

H. Sumber, Media, Alat dan  Bahan
Sumber Belajar            : Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta:               Penerbit Erlangga.
                                    https://www.youtube.com/watch?v=WOTsblHLC9c
                                    http://belajar.indonesiamengajar.org/2013/04/lagu-perkembangbiakan-hewan/



Media Pembelajaran    : LKS dan vidio cara perkembangbiakan hewan
Alat dan bahan            : Buku IPA, LKS, batang tanaman singkong, pisau/karter,LCD, laptop


I.       Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
PEMBUKAAN
  1. Guru mengajak siswa untuk berdoa.
  2. Guru   mengucapkan salam.
  3. Guru melakukan absensi.
  4. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
5 menit
KEGIATAN INTI
1.      Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok
2.      Guru menyampaikan tujuan dari kegiatan ini.
3.      Guru membagikan LKS untuk di diskusikan dalam kelompok.
4.      Guru menayangkan video
5.      Siswa melakukan diskusi di dalam kelompok.
6.      Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
20 menit
PENUTUP
  1. Guru memberikan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari dengan cara tanya jawab.
  2. Siswa berdoa bersama guru.
  3.  Guru mengucapkan salam penutup.
10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
PEMBUKAAN
1.         Guru mengajak siswa untuk berdoa Guru mengucapkan salam
2.         Guru melakukan absensi
3.         Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
5 menit
KEGIATAN INTI
  1. Guru meminta siswa untuk membaca buku IPA kelas VI.
  2. Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok dan meminta siswa untuk mengeluarkan alat dan bahan yang telah dibawa untuk melakukan kegiatan menyetek.
  3. Guru menyampaikan tujuan dari kegiatan ini.
  4. Guru membagikan LKS untuk di diskusikan dan dikerjakan dalam kelompok.
  5. Siswa melakukan kegiatan menyetek dan mendiskusikannya di dalam kelompok.
  6. Guru meminta setiap anak untuk mengumpulkan hasil dari diskusinya
20 menit
PENUTUP
  1. Guru memberikan
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
  1. Siswa berdoa
bersama guru.
  1. Guru mengucapkan
salam penutup.
10 menit


Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
PEMBUKAAN
  1. Guru mengajak siswa untuk berdoa Guru mengucapkan salam.
  2. Guru melakukan absensi.
  3. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
5 menit
KEGIATAN INTI
  1. Guru meminta semua anak untuk mempelajari materi yang akan dipelajari hari ini.
  2. Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok.
  3. Guru menjelaskan sistem pembelajarannya.
  4. Guru memulai pembelajarannya yaitu dengan membacakan soal mengenai cara perkembangbiakan manusia dan setiap kelompok diminta untuk memberikan kode jika mau menjawab.
  5. Guru menghitung perolehan sekor setiap kelompok dan meminta kelompok yang mendapatkan sekor terbanyak untuk menjelaskan mengenai pertanyaan-pertanyaan dan jawaban yang telah dibahas  kepada teman satu kelas.
20 menit
PENUTUP
  1. Guru memberikan
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
  1. Siswa berdoa
bersama guru.
  1. Guru mengucapkan
salam penutup.
10 menit



Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
PEMBUKAAN
  1. Guru mengajak siswa untuk berdoa Guru mengucapkan salam.
  2. Guru melakukan absensi.
  3. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
5 menit
KEGIATAN INTI
  1. Guru mengajak anak bernyanyi tentang perkembangbiakan hewan: gubahan lagu gembira berkumpul dari Tasya .
Ayo kawan kita belajar IPA
Mengenal perkembangbiakan hewan
Yang bertelur disebut ovipar
Contohnya burung dan ikan
Yang melahirkan disebut vivipar
Contohnya sapi dan singa
Ada juga yang bertelur lalu melahirkan
Disebut ovovivipar
  1. Guru melakukan evaluasi kepada siswa mengenai perkembangbiakan hewan, tumbuhan, dan manusia melalui teka-teki silang.
20 menit
PENUTUP
  1. Guru memberikan
kesimpulan dari keseluruhan  materi yang telah dipelajari.
  1. Siswa berdoa
bersama guru.
  1. Guru mengucapkan
salam penutup.
10 menit


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI



____________                                                            Melsaria P. dan Antonia Triyatmi                              
Penilaian
NO
KATEGORI PENILAIAN
SKOR
1.
Menjelaskan cara perkembangbiakan hewan
15
2.
Menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan
15
3.
Menjelaskan cara perkembangbiakan manusia
15
3.
Hasil mengerjakan LKS
25
4.
Lembar evaluasi
30
JUMLAH
100


  1. Format penilaian proses
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Keterangan
Keaktifan
Kerjasama
1
2
3
1
2
3
1
..

Keterangan :
Keaktifan
3 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa mengajukan pertanyaan dan memberikan pendapat
2 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa tidak mengajukan pertanyaan tetapi memberikan pendapat
1 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa tidak mengajukan pertanyaan dan tidak memberikan pendapat
Kerjasama
3 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa bekerjasama dengan teman kelompoknya dan menghargai pendapat teman kelompoknya
2 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa bekerjasama dengan teman kelompoknya tetapi tidak menghargai pendapat teman kelompoknya
1 = Pada saat kegiatan eksplorasi siswa tidak kerjasama dengan teman kelompoknya dan tidak menghargai pendapat temannya


Yogyakarta, 27 September 2016

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas VI



                                                           
As. Windiyanto, S.Pd.I                                              Melsaria P. dan Antonia Triyatmi













LEMBAR KERJA SISWA 1 (LKS)
Banyak sekali jenis hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur, melahirkan, dan bertelur-melahirkan. Isilah tabel berikut dengan nama-nama hewan tersebut dan beri tanda ( √ ) pada bagian kolom bertelur atau melahirkan jika hewan tersebut termasuk ke dalamnya serta isikan ciri-ciri hewan tersebut ke dalam tabel yang ada di bawahnya!

No.
Nama Hewan
Jenis Hewan
Bertelur
Melahirkan
Bertelur dan Melahirkan
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10





No.
Cara Perkembangbiakan
Ciri-ciri Hewan
Bertelur
Melahirkan

1
Bertelur


2

Melahirkan


LEMBAR KERJA SISWA 2 (LKS)
Alat dan Bahan
  1. Batang tanaman singkong
  2. Pisau/karter

Cara Kerja
  1. potonglah batang tanaman di bagian bawah dengan menyerong seperti baji.
  2. Buanglah daun-daun yang ada untuk mengurangi penguapan.
  3. tanamlah potongan batang di tanah yang gembur dan subur setelah sampai di di rumah. Berilah peneduh beupa atap plastik atau daun pisang.
  4. Selanjutnya, siramlah tanaman baru ini setiap hari. Jika telah tumbuh daun, buanglah peneduh dan biarkan tanaman baru itu tumbuh.
Pertanyaan
  1. Bagaimana cara menyetek batang singkong?
  2. Bagian tumbuhan apa saja yang dapat di setek?









LEMBAR KERJA SISWA 3 (LKS)


1.
2.
3.
4.
5.







LEMBAR EVALUASI

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester      : VI / I
Materi                    : Cara perkembangbiakan hewan, tumbuhan, dan manusia
Hari/Tanggal         :
Nama                     :   

Mendatar
1. Cara menghasilkan keturunan atau anak
2. Nama lain hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur
Menurun
3. Nama lain hewan berkembang biak dengan melahirkan
4. Perkembangbiakan makhluk hidup dengan kawin
5. Memperbanyak tumbuhan dengan menancapkan atau menanam potongan-potongan batang tumbuhan induknya
6. Cara perkembangbiakan manusia












3












2






5













1


6





4































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar